Pengetahuan Umum

September 23, 2015 § Tinggalkan komentar

RPUL = google Cari apa? Google aja.

Percakapan dan kalimat itu sekarang lazim. Bahkan variasinya sekarang bertambah jadi “Google Now” aja. Coba, siapa yang belum pernah ngelakuin googling dulu baru ngomong untuk nanya?

Anyway, images yang saya preview di sini, kalo ada yang pernah liat dan pernah ngalamin nyari hal-hal umum di situ, berarti kalian termasuk generasi-generasi yang merasakan main-main di luar rumah, petak umpet non digital, dan masih banyak lagi. Iya. Begitu.

RPUL = Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap, adalah salah satu buku sakti pada jamannya. Beragam pengetahuan populer lengkap ada di situ, setara dengan ensiklopedia pengetahuan umum/populer. Mulai dari tanggal bersejarah nasional dan dunia, sampai dengan peserta Piala Dunia sepakbola edisi terdekat.

Saya masih ingat, pada saat saya SD punya buku RPUL ini kaya’nya sakti banget. Tau hampir segala macam pengetahuan. Pertanyaan-pertanyaan latihan/tugas mata pelajaran PMP/PPKn, IPS, dan bahkan IPA/Bahasa Indonesia, bisa didapatkan dari buku ini. Buku ini populer untuk pengetahuan populer.

Sekarang, buku ini kayanya ga gitu populer di kalangan siswa/pelajar. Karena mereka lebih mudah untuk mengakses Google dari ponsel atau komputer masing-masing. Karena membeli buku itu susah harus ke toko buku dulu. Karena informasi yang didapatkan via Google selalu apdet, dan banyak pilihannya isi atau sumbernya.

Dulu selain mendapatkan pengetahuan umum via buku RPUL, saya juga mengikuti informasi terkini via membaca koran. Beberapa bahkan saya kliping — yang tentunya sekarang entah di mana koleksi-koleksi tersebut.

Kalo kamu, dapetin pengetahuan umum gimana?

Tagged: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Pengetahuan Umum at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: