Jam Biologis

Oktober 7, 2015 § Tinggalkan komentar

Secara normal, jam biologis seseorang mengikuti jam berkegiatan orang tersebut. Yang otomatis juga jamnya disesuaikan dengan posisi geografisnya. Contoh: jam biologis kebanyakan orang Indonesia tentunya berbeda dengan jam biologis kebanyakan orang di Eropa.

Oiya, sebelum lebih lanjut: jam biologis itu sederhananya adalah jam tubuh. Kapan tubuh memerlukan istirahat, kapan tubuh siap untuk bangun dan mulai beraktivitas, kapan tubuh membutuhkan asupan makanan, dan lain-lain.

Perubahan jam biologis amat-sangat-mungkin terjadi. Penyebabnya banyak mulai dari perubahan lokasi tempat tinggal, perubahan pola aktivitas, sampai dengan perubahan pola istirahat atau metabolisme tubuh. Nah… belakangan juga jam biologis saya berubah karena saya pindah lokasi tempat tinggal perubahan pola aktivitas karena bertambahnya anggota baru keluarga saya.

Sebelumnya, jam biologis saya cukup teratur dengan tidur di malam hari & berkegiatan di pagi-petang hari. Sekarang? Malam hari bisa jadi bertambah kegiatannya. Menyesal? Tidak. Tapi memang memerlukan semangat tambahan dan juga penyesuaian berkelanjutan atas perubahan jam biologis tersebut.

Kalo sampe salah mengatasi jam biologis, bukan ga mungkin semua rutinitas jadi berantakan dan ujung2nya jadi dijauhi kerabat. Tapi ya memang mengatasinya ga mudah sih dan butuh pemahaman sendiri juga lingkungan. Kecuali ya… Bruce Wayne yang jadi Batman. Jam biologisnya berubah karena ngalong di malam hari, siang hari tetep jadi milyuner, dan buat nutupin efek dari perubahan jam biologisnya ya menjalani kehidupan (ala) jetset — seperti disaranin Alfred di trilogi The Dark Knight (the movie).

Kalo kamu, jam biologis pernah berubah ga?

Iklan

Tagged: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Jam Biologis at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: