Kebiasaan Lama yang Hilang

November 18, 2015 § Tinggalkan komentar

Dulu saya masih sempet dan punya waktu untuk beli dan baca buku. Minimal, sebulan sekali pasti beli buku baru ke toko buku, minimal 1 eksemplar. Buku ya, bukan komik. Dan targetnya, buku tersebut harus habis dibaca dalam jangka waktu sebulan. Itu waktu awal-awal kerja, sekitar tahun 2007.

Dua kebiasaan tersebut lama-lama berkurang, selain karena harga buku yang mulai naik karena harga kertas naik, juga karena frekuensi dan intensitas saya ke toko buku berkurang jauh. Bisa lebih dari 3 bulan baru ke toko buku lagi, itupun buka untuk lihat-lihat judul buku melainkan mencari alat tulis/peralatan elektronik, sampai dengan menemani anak.

Rindu? Jelas. Sejak kecil saya diajarkan oleh (alm) Ayah saya untuk senang membaca. Ritual berkunjung ke toko buku bersama selalu dinanti-nanti yang belum tentu sebulan sekali, dan pulang-pulang pasti membawa beberapa eksemplar buku bacaan baru. Mulai dari serial Lima Sekawan, Trio Detektif, sampai dengan Goosebumps. Sampai saya pernah daftar jadi anggota newsletter karena saking banyaknya formulir yang dimiliki dari setiap buku tersebut.

Bukan tak ingin saya untuk kembali berkunjung ke toko buku, memilih dan memilah judul buku untuk kemudian dibeli dan dinikmati. Tapi saya juga sadar diri, meskipun saya beli dan miliki buku baru, belum tentu saya bisa habis membacanya dalam periode tertentu. Bukan tak hendak menyediakan waktunya, tapi ada hal lain yang membutuhkan perhatian selain membaca buku.

Mungkin nanti. Mungkin sesaat lagi. Entah. Tapi yang pasti, dua kebiasaan tersebut lambat laun menghilang dari keseharian saya. Mudah-mudahan bisa kembali lagi, dan bisa saya bagikan kepada anak-anak saya agar juga mencintai buku dan membaca sejak awal.

Kalo kamu, punya kebiasaan apa yang lama-lama ga dilakuin lagi?

Tagged: , , , ,

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Kebiasaan Lama yang Hilang at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

