Investasi Buku

Agustus 23, 2016 § Tinggalkan komentar

Iya, judulnya ga salah tulis. Memang investasi buku — tepatnya investasi melalui buku, dan bukannya buku mengenai investasi.

spend on books

Seperti pernah saya bilang sebelumnya, buku menjadi salah satu bagian dari kebiasaan saya yang hilang. Atau berangsur-angsur tidak saya lakukan lagi. Tapi meski begitu, sekitar 1-2 bulan terakhir ini saya berusaha keras untuk bisa membaca dan mengoleksi buku lagi. Diawali dari nyadar kalo Jakarta Book Fair taun ini ga ada, kemudian dateng ke beberapa tempat yang lagi obral buku — ini tanpa niatan sebelumnya.

Obral buku atau jualan buku bekas menjadi salah satu hal yang saya gemari. Bukan hanya karena harganya murah, melainkan juga ajang tersebut bisa jadi sebuah pencarian harta karun. Karena ga jarang para penjualnya mengobral/menjual buku-buku yang sudah lama saya incar pada saat harganya masih mahal, atau bukunya keburu ditarik dari peredaran. Entah karena dilarang, atau memang eksemplarnya habis lalu penerbitnya belum sempat mencetak lagi.

Memang saya akui, masih saja buku-buku tersebut bisa jadi akan teronggok tanpa tahu kapan akan saya baca (atau selesaikan membaca). Tapi setidaknya, dengan memilikinya membuat saya merasa lebih baik. Bukankah memiliki itu memang membuat kita terasa lebih baik?😛

Anyway, memiliki buku – baru ataupun bekas, sebenarnya juga bagian dari investasi. Minimal, investasi pengetahuan/pendidikan. Selain dari itu, jika kemudian buku tersebut dicari oleh orang lain karena langka, nilainya bisa lebih. Tapi itu jarang banget sih. Buat saya pribadi, selain investasi pengetahuan/pendidikan, buku juga merupakan investasi yang akan saya wariskan — jika bisa pada anak-anak saya. Saya tak ingin anak-anak saya mengenal saya dari keseharian saja, tapi juga apa minat, pemikiran, serta pengetahuan yang saya tahu. Dan, selain dari membuat jurnal (seperti blog ini), ya jelas dari (koleksi) buku.🙂

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Investasi Buku at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

