Ampas Kopi

April 11, 2017 § Tinggalkan komentar

Konon, kopi yang dijual secara eceran bungkusan di Indonesia itu adalah kopi grade kesekian. Kopi dengan grade terbaik, diekspor/dijual di luar negeri dan atau hanya dijual di coffee shop.

Tapi itu kan konon.

Buat orang awam seperti saya, yang penting sudah bisa menikmati kopi — pas lagi pengen, sudah cukup senang. Beda sih kalo emang addicted sama kopi. Pun kalo sok-sokan ngerti kopi hanya karena baca buku atau nonton film terkait. Saya yang minum kopi sejak lama (mulai sejak SMA), berbagai jenis — sachet maupun bukan, pun di dalam dan luar negeri, biasa aja. :mrgreen: Dan untuk lebih jelasnya, kayanya saya belom baca atau nonton apapun yang terkait kopi — meski pengen.

Dari sekian banyak kopi yang pernah saya minum, baik itu menyeduh sendiri atau diseduhkan (seperti di coffee shop), entah kenapa saya lebih memilih minum kopi yang menyisakan ampas. Biasanya kopi yang begitu adalah black coffee. Tapi bukan berarti saya ga minum kopi tanpa ampas ya.

Kopi yang menyisakan ampas setelah diseduh biasa & bisa saya dapatkan dengan menyeduh kopi sachet atau disendokin dari kopi instan. Entah, tapi ada semacam rasa yang berbeda ketika ada ampasnya yang tersesap di mulut ketimbang tanpa ampas. Dan entah kebetulan atau tidak, untuk kopi yang tak menyisakan ampas cenderung cukup kuat efeknya terhadap perut saya ketimbang kopi yang menyisakan ampas. Makanya kalo kopi yang tak menyisakan ampas, saya lebih memilih yang disajikan di coffee shop ketimbang menyeduh sendiri — karena kayanya komposisinya lebih pas.

Kalo kamu lebih suka kopi yang menyisakan ampas atau tidak?

Tagged: , , ,

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Ampas Kopi at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

