Mudik dengan Mobil Baru 20jutaan

Juni 5, 2015 § 2 Komentar

Mudik ga taun ini?

Hampir sejak saya remaja dan bersekolah, hingga kemudian bekerja dan sekarang memiliki keluarga kecil sendiri, pertanyaan itu selalu terlontarkan setiap kali mendekati bulan Ramadan. Dulu-dulu, saya menjawab dengan “iya mudik.” atau “engga.”, tapi setelah belajar untuk mengatur keuangan sendiri, maka jawabannya adalah “belum tahu”.

Mobil Murah Mobil123.com

Mobil Murah Mobil123.com

Jawaban terakhir saya tersebut bukan karena ga ingin mudik, tapi lebih karena saya perlu mengetahui budget yang diperlukan saat mudik tersebut. Dimulai dari ongkos transportasi pergi dan pulang, ongkos sepanjang perjalanan, sampai dengan pengeluaran pribadi sepanjang perjalanan dan mudik itu. Pertimbangannya banyak, karena sebisa mungkin mudik yang bisa jadi cuma sekali dalam setahun, harus benar-benar berkesan dan menjadi kenangan yang indah.

Mudik saat Ramadan-Lebaran intinya adalah 2 macam bagi saya, yakni menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Saat masih sendiri dan lebih mobile, saya lebih senang mudik dengan angkutan umum meski harus berebut atau menunggu di terminal/stasiun. Kenapa? Karena saya tak perlu repot menyetir. Tapi ketika kemudian anggota keluarga bertambah — juga karena berkeluarga sendiri, kendaraan pribadi tentu lebih nyaman. Kenapa? Karena meski harus menyetir sendiri, tapi seluruh anggota keluarga bisa dibawa bersama-sama, barang bawaan lebih terjaga, serta mudah jika hendak menjadi “turis” dadakan di perjalanan.

Mengemudi kendaraan pribadi juga sebelumnya hanya bisa saya lakukan dengan kendaraan rental, atau menumpang dengan kerabat terdekat. Lama-lama, impiannya pun harus bisa mudik dengan kendaraan pribadi milik sendiri. Dan untungnya, tahun ini Mobil123.com sebagai salah satu portal otomotif terpercaya, ngerilis fitur Mobil Murah dengan tawaran yang menarik berupa harga mulai dari 20jutaan — ini untuk uang muka. Angsurannya tentu disesuaikan dengan jumlah bulan cicilannya. :)

Saya coba sendiri, cukup mudah buat nyari mobil yg saya pengen dengan penawaran menarik itu. Dari halaman depan Mobil123.com trus klik gambar ‘Mobil Murah.’ Abis itu, langsung deh diarahin ke daftar mobil dengan harga terjangkau yang dijual di Indonesia. Ga perlu takut kurang info, karena kalo klik salah satu gambarnya, nanti dikasih detail keunggulan, spek, dan juga harganya.

Oiya, bisa diakses juga via mobile browser lho. Jadi ga perlu nyari desktop PC/laptop dulu buat ngecek, karena bisa langsung dari hape juga.

Jadi, mudik taun ini siap naik kendaraan pribadi? :)

Judul Blog

Mei 27, 2015 § Meninggalkan komentar

i don’t drink coffee but cappuccino

Buat yang ga begitu ngeh, judul blog saya sebenernya bisa dibuat lebih simpel aja jadi “i drink cappuccino”. Tapi buat yang ngeh dan suka bermain kata-kata, pasti tau kalo judul blog saya ini ga sekadar “saya minum cappuccino”.

To be honest, judul blog ini memang awalnya saya susun dengan berlandaskan arti sebenarnya, yakni “saya lebih suka minum cappuccino”. Iya, ‘lebih suka’. Hal itu yang juga berarti saya sebenarnya minum kopi (biasa/hitam) yang bukan cappuccino. Kopi susu, kopi hitam, kopi tubruk, kopi joss (yang pakai arang), kopi krim, hingga kopi mocha. Saya suka minum kopi, tapi ga semua kopi saya minum.

Pada saat blog ini saya bentuk setelah ‘pindah’ dari blogspot yang disentil sana-sini (sekarang blognya sudah almarhum — seharusnya), juga pindahan dari blog friendster yg susah diatur layoutnya, saya memang sedang menikmati banget minum cappuccino. Bahkan saya sempat state kalo cappuccino bukan kopi, karena penyusunnya ga sama lagi dengan kopi (biasa). Tapi ya… itu bahasan lampau.

Balik lagi ke soal permainan kata-kata, kemudian saya sadar kalo judul blog yang saya bentuk ini, punya arti filosofis. Sederhananya “mencoba standout dari keseragaman”. Mohon diperhatikan, penggunaan kata “dari” ga mutlak berarti berbeda, melainkan juga bisa berarti sebagai landasan.

Iya. Gitu. Pusing ya?

Kalo pusing, ikutan polling ini aja coba… perlu apa engga saya ganti judul blog ini, karena kenyataannya saya udah lebih sering minum kopi (biasa/hitam) ketimbang cappuccino. Selain karena makin “susah” nyari cappuccino, juga karena somehow kopi (biasa/hitam) lebih berasa di lidah saya. Pollingnya di bawah ini ya.. kalo ga lebih panjang, bisa tulis juga alesannya di komen. :)

NB: apapun hasil polling, ga langsung menentukan harus ganti atau engga, karena kuasa untuk mengganti tetap di tangan saya. :mrgreen:

Ramadan Sebentar Lagi…

Mei 20, 2015 § 3 Komentar

Kalo ngikut perkiraan awal Ramadan dari Muhammadiyah, maka 1 Ramadan bakal dimulai di 18 Juni, dan Idul Fitri di 17 Juli 2015. Kalo ngikut NU, belum ada karena menunggu hilal di sekitar tanggal tersebut. Saya ikut yang mana? Saya sih ikut yang ditetapkan pemerintah aja, dan juga perihal solat Id-nya mengikuti masjid tempat saya domisili/berada di saat itu.

Bukan soal saya ga ikutan kelompok atau ga punya prinsip, tapi saya sih lebih mengutamakan kualitas dari bulan Ramadan itu aja. Daripada ribut-ribut ga jelas karena sibuk nentuin tanggal kapannya, mending saya fokus ke hal-hal yang harus ditingkatkan selama periode Ramadan itu. Iya, maksud saya ibadah. Tapi FYI terusan blogpost ini ga bakal ngomongin ibadah secara spesifik. :)

Buat saya Ramadan itu kesempatan buat bangun pagi dan tidur secara tertib. Iyes, kalo bukan Ramadan saya bisa tidur larut bener dan bangun bisa dinihari. Itu ga rutin setiap hari, jadinya ga tertib. Sementara kalo Ramadan, jelas jadi lebih tertib karena kalo tidurnya terlalu larut bisa-bisa keburu sahur. Kalo bangunnya kesiangan, juga ga keburu sahur.

Tertib di bulan Ramadan juga maksudnya jadi lebih memperhatikan makanan dan minuman. Waktu makan dan minum jadi lebih tertib di jam-jam sahur dan jam buka puasa. Kalo lagi ga Ramadan, makan dan minumnya ga tertib jamnya karena ada range waktu aja. Bahkan kadang kelewat — sarapan tuh paling sering kelewat.

Oiya, tertib juga soal ibadahnya ya. Dan, beneran lho Ramadan sebentar lagi, sekitar sebulan setengah. :)

Kalo kamu, Ramadan bakal ngapain aja?

Mahakarya Indonesia – Jiwa Indonesia: Borobudur

Mei 13, 2015 § 2 Komentar

Borobudur.

Sulit bagi saya untuk tidak selalu teringat akan Borobudur. Candi yang dibangun pada tahun 700-800an Masehi dan terletak di Jawa Tengah — berdekatan dengan Yogyakarta ini begitu magis dan selalu dapat mempesona saya. Sebuah bangunan yang mulanya dibangun untuk tujuan keagamaan Budha oleh tangan dan pemikiran lokal Indonesia, pada jaman kerajaan Syailendra, yang di kemudian hari menjadi warisan sejarah dunia dan salah satu ciri khas Indonesia.

Borobudur, image courtesy of borobudurpark.co.id

Borobudur, image courtesy of borobudurpark.co.id

Detail berupa relief yang berada pada bebatuan dinding penyusun candi serta rupa petapa pada stupa, adalah hal yang menarik untuk diikuti. Jika dibandingkan pada jaman modern saja, pembuatan relief dengan cara memahat satu persatu bagian, atau membuat patung yang menyerupai manusia petapa dengan ukuran dan bentuk yang sama secara mendetail, jangka waktu pengerjaannya akan lama dan membutuhkan banyak tenaga. Bukan hitungan minggu atau bulan, melainkan juga bisa tahunan. Pengerjaan yang lama namun menghasilkan karya yang begitu mendetail dan sempurna ini cerminan nilai luhur kesabaran pada para pembangun Borobudur.

Pada Borobudur juga tercermin nilai luhur lainnya yakni kegigihan. Sesuai cerita yang beredar — dan sebagian legenda, perancang Borobudur adalah Gunadharma. Dengan tata cara yang terbaik pada jamannya tanpa kemudahan modern, Gunadharma tekun dan gigih untuk merancang sebuah bangunan yang tak hanya menjadi tempat beribadah, melainkan juga salah satu mahakarya yakni Borobudur. Kegigihan tampak dari rancangan yang memperhitungkan tempat bukit serta pemilihan rancangan yang menyerupai segitiga dengan landasan yang kuat.

Walaupun dirancang sebaik mungkin, sebuah mahakarya takkan dapat dibangun sendirian. Sesuai dengan kepribadian serta nilai luhur Indonesia, maka Borobudur pun dibangun dengan kerjasama atau gotong royong. Sebuah batu penyusun Borobudur dapat memiliki berat berkilo-kilogram. Tanpa menggunakan alat bantu seperti traktor atau excavator modern, transportasi bebatuan penyusun candi baik yang memiliki detail pahatan ataupun bebatuan fondasi, takkan bisa dilakukan sendirian. Transportasi serta penyusunan bebatuan candi Borobudur tentunya membutuhkan puluhan atau bahkan bisa jadi ratusan tenaga kerja yang bersama-sama mewujudkan sebuah tujuan, yakni mahakarya.

Ada satu lagi nilai luhur Indonesia yang tercemin pada Borobudur, yakni kerendahan hati. Sebaik-baiknya manusia menciptakan sesuatu, takkan mendekati kesempurnaan Sang Pencipta. Hal ini nampaknya disadari jelas oleh para pembangun Borobudur, bahwa semegah apapun bangunan yang mereka bangun, takkan boleh menjadikan mereka sombong. Oleh karenanya Borobudur pun dibangun dengan tujuan utama untuk peribadatan, terlihat jelas dari relief berupa cerita-cerita yang mengajarkan kebajikan, hingga stupa dan patung Budha. Borobudur bukanlah sebuah monumen yang membuat manusia menjadi congkak dan lupa bahwa ada kekuatan yang lebih agung. Sebuah kerendahan hati terhadap Sang Pencipta.

Dengan kenyataan bahwa Borobudur telah bertahan lebih dari 10 abad sejak dibangun, serta mencerminkan berbagai nilai luhur Indonesia — antara lain kesabaran, kegigihan, gotong royong, dan kerendahan hati, tak salah jika Borobudur disebut sebagai Mahakarya Indonesia. Sebuah masterpiece yang tak hanya mencerminkan keragaman Indonesia, juga dibangun asli oleh leluhur Indonesia.

Semoga mahakarya Borobudur dapat bertahan selama-lamanya, serta membuat orang menyadari nilai-nilai luhur yang tersimpan kemudian menyebarkannya.

NB:
1. Postingan ini sedang saya sertakan kepada writing competition Mahakarya Indonesia – Jiwa Indonesia 2015 (#MahakaryaIndonesia2015).
2. Informasi dan sebagian foto tentang Borobudur didapatkan dari wikipedia dan juga website resminya.
3. Lokasi Borobudur bisa dilihat melalui google maps di sini.

“Your mission, should you choose to accept it…” #TryLGG4

Mei 6, 2015 § 2 Komentar

Berawal dari iseng ngeklik konten dari akun/channel LG di aplikasi LINE yang kemudian mengarah masuk ke sini (dulu isinya bukan begitu), saya pun terpilih buat jadi sebagian orang yang berhak untuk ngetes/ngerasain gadget terbaru dari LG yakni G4 sebelom rilis resmi. Yep, LG G4.

Setelah nunggu sekitar beberapa hari, kemudian ditelepon oleh perwakilannya. Dan walla! Semalam gadget-nya sampai ke tangan saya.

Sekotak item yang isinya cuma gadget LG G4 dengan pre-installed  aplikasi kampanyenya, dengan charger. Udah. Gitu aja. Ga ada buku petunjuk penggunaan gadget, atau apapun lainnya. Udah beneran kaya’ kiriman paket Mission Impossible — makanya saya ngetwit dengan quotes itu, juga buat judul blogpost ini.

Intinya sih, kalo sesuai promo di channel LINE-nya — dan juga di twitternya LG, diberitahu kalo kampanye #TryLGG4 ini buat ngetes gadget dengan cara submit foto-foto ke dalam 5 kategori. Masing-masing kategori harus submit 5 foto, jadinya total harus submit 25 foto. Mudah-mudahan saya cukup kuat dan berhasil submit 25 foto dengan masing-masing 5 foto per kategorinya dalam waktu yang telah ditentukan!

Mau tahu gimana hasil foto-foto penggunaan LG G4? Ikutin aja di twitter saya, atau instagram saya, cari postingan yang dilengkapi dengan hashtag #TryLGG4 ya. :)

Kamu pernah ngalamin juga dapet kiriman yang serba misterius ga?

Musik itu universal

April 29, 2015 § 2 Komentar

Musik itu universal.

Walau begitu, musik yang dirilis sama grupnya Sony, Aquarius, sampai dengan indie juga laku kok.

Ucapan di atas pertama kali saya dengar waktu sempet join jadi announcer saat SMA di kota kelahiran saya dulu. Kalimat pertama seringkali diucapkan oleh banyak orang — musisi, penikmat musik (seperti saya), pemerhati musik, pebisnis, dan orang awam. Walau begitu, saking seringnya diucapkan banyak orang jadinya kalimat pertama itu jadi membosankan, padahal maknanya dalam. Jadinya, sering diikuti kalimat kedua — berupa kenyataan bahwa musik itu kadang bergantung pada label rekamannya.

Anyway, back to judul dan juga kalimat pertama di awal postingan ini, salah satu bukti musik itu universal adalah betapa sering dan mudahnya menemukan lagu-lagu populer di-cover bukan penyanyi aslinya dan kemudian diberi aransemen yang berbeda sehingga terdengar lebih menarik. Bahkan kadang, jadi beda banget dibanding aslinya. Salah satu cover lagu populer yang menarik buat saya antara lain yang dilakukan oleh Postmodern Jukebox (PMJ).

Saya lupa persis dulu denger/tau pertama kali dari mana-karena apa-lagu yang mana. Yang pasti sih, saya liat pertama kalinya di youtube. Selain lagu populernya jadi kedenger berbeda, lagu-lagunya juga dibawakan dalam video yang menarik. Jadinya unik. Bisa diliat langsung di channel youtube-nya mereka.

Berdasar list di channel itu, beberapa lagu populer yang udah di-cover antara lain Creep – Radiohead, Shake it Off – Taylor Swift, sampai dengan beberapa lagu populer dari acara TV seperti Powerpuff Girls! Unik, lucu, dan juga kadang menggelikan kalo ngeliat aksi dari para musisi yang terlibat di videonya.

Btw, sebagai penikmat musik, salah satu yang jadi favorit saya itu saat mereka cover lagu “Love Me Harder”-nya Ariana Grande. Buat saya, aransemen di cover-nya bikin lagunya jadi “naik kelas” dan cocok jadi lagu theme song James Bond. Seperti yang ditulis di keterangan lagunya. Penasaran? Nih, di bawah ini ya.

Menurut kamu gimana? Cocok ga lagu-lagunya di-cover ulang jadi seperti yang dilakukan oleh Postmodern Jukebox ini? Kalo cocok, yang jadi favorit kamu yang mana?

Mudah-mudahan Postmodern Jukebox sempet diundang buat tampil di Java Jazz di penyelenggaraan berikutnya, atau ya showcase di tempat yang saya sempet nonton langsung!

Living Smart & Enjoying Pure Sound

April 25, 2015 § Meninggalkan komentar

Dulu, definisi hidup yang cerdas buat saya adalah yang bisa bedain antara kerjaan dan bukan kerjaan. Iya, jadi udah disekat masing-masing. Kerjaan ada waktu dan tempatnya, bukan kerjaan — keluarga, kuliah atau hobi, ya ada waktu dan tempatnya juga. Masing-masing. Spesifik.

Tapi seiring perkembangan jaman, hidup cerdas kayanya ga lagi soal bagi-bagi dan punya sekat masing-masing. Karena justru hidup kerjaan dan bukan kerjaan makin melebur. Ga lain ga bukan karena hadirnya teknologi. Salah satunya lewat smartphone android.

Smartphone android atau android smartphone kurang lebih membantu meleburkan batasan antara kerjaan dan bukan kerjaa. Bahkan, meleburkan setiap aspek kehidupan. Lagi di rumah, bisa aja ngurusin kerjaan atau hobi. Lagi di hobi, bisa jadi menjalin komunikasi dengan teman lama. Dan banyak lagi contohnya. Makanya, saya butuh smartphone yang mumpuni. Dan kaya’nya vivo X3S bisa menjawab kebutuhan itu.

Dengan layar yang lebar dan FuntouchOS — pengembangan khusus dari OS android, vivo X3S saya yakin dapat membantu saya dalam mengelola hidup saya yang makin melebur batasan-batasannya. Yang paling keliatan dari fitur utamanya dulu: yakni Hi-Fi audio. Dengan fitur itu, sambil kerja atau di jalan menuju pekerjaan, saya bisa menikmati musik yang saya setel dari device dengan kualitas yang keren. Hi-Fi sendiri adalah singkatan dari High Fidelity yang kurang lebih berarti kualitas audionya mendekati sempurna. Para audiophile mungkin lebih paham soal Hi-Fi ini.

Selain itu, kameranya yang ada 2: depan 5 MP dan belakang 13 MP juga bakal ngebantu saya jalanin hobi buat ambil foto snapshot atau foto candid gitu setiap saat. Anti lemot juga pastinya, karena prosesornya udah 1.7GHz octa core. Jadi selain gampang ambil foto dan proses foto pake aplikasi yang didownload dari google playstore, pastinya kekuatan prosesor segitu bisa bantu saya juga buat ngecek kerjaan. Baik itu pake aplikasi tambahan ataupun online.

Kalo mau tau lebih jauh soal produknya, bisa dicek aja ke sini. Keren ya? Kalo punya pasti saya bisa living smart karena dibantu gadget yang cerdas juga bisa lebih menikmati keseharian ditemani musik dan audio yang mumpuni.

*mudah-mudahan bisa punya suatu saat nanti*

NB: Kalo mau tau lebih banyak soal vivo, mereka lagi bikin lomba blog berhadiah vivo X3S lho. Cara ikutannya bikin blogpost seperti yang saya buat ini. Cek infonya lebih lengkap di sini.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 3.659 pengikut lainnya.