Billy Bercerita…

Januari 14, 2011 § 13 Komentar

Pada hakikatnya, setiap orang itu adalah pencerita (storyteller). Kenapa? Karena begitu manusia bisa bicara, maka dia pun bercerita. Apapun bisa jadi cerita. Mau itu cerita bohong, khayalan, peristiwa, sampai cerita yang fantastis. Semua adalah cerita.

Saya juga senang bercerita. Mau itu lewat bicara, ataupun menulis. Mau itu lewat ucapan, ataupun tulisan. Intinya, saya senang buat bercerita. Cerita khayalan, buatan, atau fiksi, sampai cerita yang bukan buatan, laporan, atau artikel untuk media massa. Yah, saya senang bercerita banyak faktornya, tapi yang pasti sudah sejak lama saya senang bercerita.

Seperti yang bisa dilihat di sini, salah satu bahan cerita saya sudah pernah dibukukan dan terbit dalam bentuk novel. Selebihnya? Bisa juga disimak di sini, sebagai rangkaian cerita yang sambung-menyambung — meski belakangan ini saya sedang kehabisan cerita bersambung.

Dan, agar tetap bisa bercerita, maka kita harus berlatih. Caranya gampang saja, yakni seringlah mengingat, menuliskan kembali, atau menceritakan kembali. Kalo menceritakan kembali, gapapa dibilang sedikit sinting karena belum tentu ada orang lain yang mau mendengarkan. Tapi, justru itulah seninya pencerita (storyteller), karena dia harus bisa menarik orang banyak untuk mau mendengarkan ceritanya. Beda halnya, dengan bercerita melalui tulisan, karena kita harus bisa mempertahankan pembaca untuk tetap menyimak cerita kita dari awal, tengah, hingga akhir.

Ada kalanya bercerita pun tak harus panjang-panjang. Ini juga sebagai bentuk latihan. Dan, jujur saja, belakangan ini saya sedang gemar sekali bercerita dalam bentuk pendek, alias singkat. Iya, cerita singkat. Mungkin sebagian akan menyebutnya sebagai cerita pendek, tapi saya lebih suka menyebutnya sebagai cerita singkat, karena alurnya tidak detil seperti lazimnya cerita. Begitu..

Bingung? Oke, kalau begitu tak perlu menunggu lama, dan langsung saja menuju blog saya yang lain, yang judulnya sama seperti postingan ini, Billy Bercerita, atau ketik alamat ini — http://billykei.posterous.com.

Yuk, nikmati cerita saya, dan mari kita bercerita!

coach

November 5, 2009 § 14 Komentar

salah satu cita2 saya yang cukup kuat adalah, saya pengen jadi seorang pengajar. entah itu guru atau dosen di lembaga formal kaya’ sekolah dan perguruan tinggi, ataupun jadi pendidik yang mirip sama guru di lembaga non-formal kaya’ lembaga bimbingan belajar, les, dan lain2. karena bagi saya, berbagi ilmu yang saya punya ke orang laen itu merupakan cara laen dalam beribadah, dan juga sekalian -mudah2an- membantu orang laen menjadi lebih baik. *sok bijak (lagi2)*

« Read the rest of this entry »

transformasi

Maret 16, 2009 § 20 Komentar

ini bukan soal cerita statsion tipi, atau juga soal cerita pilem yang bakal keluar sekuelnya taun ini, apalagi cerita soal temen baeknya Hermione Granger dan Ron Weasley,, tapi ini cerita soal yang nulis blogs ini. YAK! siapa lagi kalo bukan Billy Koesoemadinata.

FYI, postingan berikut ini bakal pake sudut pandang orang ketiga, dan bukannya sudut pandang orang pertama tentang Billy Koesoemadinata. ga laen, biar lebih BEDA aja seehh.. plus dramatic — halah..

suatu petang, Billy masih berada di kantornya. sibuk. ngantuk. suntuk. dia juga nulis hal yang sama di status YM, plurk dan FB-nya. –> pada tau kaga kapan kejadiannya? dan, sambil asik blogwalking dan juga googling,, tiba2 aja dia kecantol sama sebuah ide gila. dia pengen tau gimana penampilan dari blogsnya, kalo ditranslate secara langsung — pake google translator kan bisa tuh, dan itulah yang Billy lakukan.. « Read the rest of this entry »

kuli tinta, kerja hobi

Februari 10, 2009 § 21 Komentar

beberapa hari ini, setelah ‘insiden target‘ ituh, entah kenapa gue baru ngeh kalo banyak juga orang2 yang sebelumnya pernah ‘menghiasi’ hidup gue, tiba2 aja muncul gitu aja, bertukar kabar, dan lain2.. beberapa seru dan layak banget buat diinget, tapi beberapa bikin gue miris dan males gitu deeeehh..

ada kurang lebih empat-lima-enam (sambil ngitung jari), eh,, tepatnya sepuluh sampe sebelas orang yang udah lama gue ga ketemu – minimal 6 bulan yang lalu, dan tiba2 aja ngirim SMS-lah, telepon2an-lah, YM-an-lah, atau (ini yang paling ngagetin) ketemu di jalan… *beuh,, asli gue kuaget beut koq bisa ketemu, secara gue kan kalo PP, selalu lewat jalanan yang ga-kepikir-sama-orang-laen-karena-buat-ngindar-macet

setiap kali ketemu dan tuker sapa gituh, pasti selalu diawalin dengan,
‘pa kabar?’, ‘eh Billy..’, atau justru ‘WOI!’
huaha.. warna-warni juga yak.. 😉

udah nyapa gitu, trus biasanya nanya dimana sekarang tinggal – padahal, udah jelas gue masih tinggal di rumah di negara Indonesia, dan ga tinggal di nagri, koq pake ditanya segala yak? 😛 – dan, tipikalnya pasti langsung berlanjut ke,
kerja di mana?
jadi apa?
« Read the rest of this entry »

Where Am I?

You are currently browsing entries tagged with menulis at i don't drink coffee but cappuccino.