Perjalanan Hidup (8) – Menghadapi Dunia Kerja

Januari 29, 2009 § 13 Komentar

postingan ini, seri terakhir dari Perjalanan Hidup. selaen emang, cuman segituh aja sebagian hidup yang gue jalanin selama ini – setelah ringkas sono-sini karena biar ga kepanjangan, karena hidup ini juga masih gue jalanin. 😉

dulu, pas masih kecil, gue sempet ditanya sama ortu gue. “Billy, kalo udah gede, mau jadi apa?” dan, waktu itu spontan aja gue jawab, “mau jadi tukang becak.” waktu itu, gue ga begitu ngerti, kenapa koq tiba2 jadi tukang becak aja, jadi masalah. tapi, meski begitu, mungkin ada makna filosofis yang nyebabin gue bilang begitu – kalo dipikir2 sekarang. yaitu,
1. tukang becak ga usah ribet ngurusin kerjaan. cukup pake tenaga, dan bukannya otak.
2. tukang becak bisa kerja kapan aja.
3. tukang becak bisa keliling2 kota, sambil dibayar.
4. tukang becak nolong orang yang naek becaknya supaya cepet sampe ke tempat tujuan dan aman pula.
5. tukang becak mendukung lingkungan – ga pake bahan bakar fosil dan ga mencemari udara.
6. tukang becak sehat2.
7. tukang becak kerja sambil ngejalanin hobi.

heheh,, mencari pembenaran aja ya gue? 😛
« Read the rest of this entry »

Perjalanan Hidup (7), Mahasiswa Sukses

Januari 28, 2009 § 11 Komentar

sambil mengenang (alm.) Jahri, ST, sang dosen sekaligus motivator gue pas kuliah dulu, gue nulis postingan ini. dengan kata laen, i dedicate this posts for all of my lecturers, teachers, mentors, and tutors, especially to Jahri, ST. FYI, beliau telah dipanggil oleh Sang Khalik pada Selasa (27/01) kemaren. sedih banget gue,, asli deh.. secara, kurang lebih dia termasuk orang2 yang bikin masa2 kuliah gue berwarna banget.. i’ll miss you, Pak..

and now, the post still must go on.. banyak orang bilang, masa2 SMA adalah masa2 yang paling indah. masa2 SMA adalah masa2 yang ga bakal dilupain. masa2 yang selalu ada dalam pikiran, dan selalu pengen dijalanin lagi kalo waktu bisa dibalik lagi. hmm… tapi buat gue, yang paling gue gue inget – meski ga paling indah, adalah masa2 kuliah dan gue pengen kalo waktu bisa dibalik, gue bisa balik lagi ke masa2 gue kuliah dulu.. 😉

emang, ada apa aja pas kuliah dulu, Bil?

heheh,, begini ceritanya…
« Read the rest of this entry »

Perjalanan Hidup (6) – Hijrah Ke Jakarta

Januari 27, 2009 § 9 Komentar

yah, sekarang gue mau nerusin seri perjalanan hidup, yang udah masuk ke edisi ke-6 semenjak gue mulai kira2 2 minggu yang lalu.. edisi ini, gue kasih subjudul, Hijrah Ke Jakarta.. caelah,, udah kaya’ judul lagunya Changcuters aje ye.. *itu kan, Hijrah ke London! apa samanya? 😉

jadi, di tengah sepinya ruang YM gue – heran dah, belakangan ini makin dikit aja yang OL.. tau deh, pada invis atau emang ga OL.. hh.. ribet dah – gue nginget2 lagi masa2 gue pas pindah (lagi) ke jakarta dulu..

so, ceritanya bermula persis setelah pengumuman kelulusan SMA dulu.. hari dan tanggal persisnya gue lupa, tapi yang pasti waktu itu gue disuruh dateng ke sekolah sama wali kelas gue buat tanda tangan ijazah dan STL – surat tanda lulus.. jaman itu, STTB udah diganti sama ijazah kan?? 2004 gituh.. 😉
« Read the rest of this entry »

perjalanan hidup (4) – first experience being a two child widower :D

Januari 20, 2009 § 15 Komentar

nyontek dikit sama postingan dan juga ceritanya kang dekry, gue juga mau cerita2 dikit kenapa gue demen banget sama dunia media, dan juga sekalian nulis..

sekalian juga sambungan dari seri perjalanan hidup 😀
so, it all started on someday, on july 2002…

waktu itu, gue inget banget lagi jaman2nya piala dunia di korea-jepang. sambil baru masuk sekolahan lagi dan juga baru abis saingan siapa yang jadi pemenang piala dunia, gue denger2in radio bekas yang disimpen di kamar gue – pas SMA dulu, mulai dari desember 2001, gue tinggal sama nenek gue, coz keluarga gue yang laen pada pindah ke jakarta, sementara gue mikir nanggung kalo pindah

sambil denger2 siaran radio lokal – tasikmalaya, dan juga radio bandung yang kadang2 bocor sampe ke tasik, gue seliweran aja di frekuensi2 radio itu. dan, ga sengaja gue nyantol di radio aLL 107,2 FMalaya. waktu itu, gue baru pulang dari rumah temen gue di kawasan dadaha. sekitar maghrib, ada acaranya One By One – request lagu yang dibesut sama Sandra Puspita, mulai jam6 sampe jam8 tiap senin-jum’at.

sambil dengerin lagu2 yang direquest, gue juga dengerin soal info kalo radio aLL lagi butuh penyiar. bahasanya mereka, announcer. gue sih, waktu itu ga ngeh kalo announcer itu penyiar. gue mikirnya, announcer itu pembaca berita gitu..

kurang lebih, beberapa hari setelahnya gue ‘bertapa’. mencari pembenaran atas apa yang bakal gue lakukan. GUE BAKAL NGELAMAR BUAT POSISI ANNOUNCER ITU! dan, segala macem persiapan gue lakuin, termasuk bikin pas foto! padahal, gue waktu itu lagi juelek buanget *emang kapan ga jeleknya ya? 😛 gue waktu itu baru aja ngebotakin rambut di kepala gue, atas janji gue sendiri 😀 « Read the rest of this entry »

perjalanan hidup (3) – the origin of writing

Januari 19, 2009 § 22 Komentar

perjalanan hidup continues…

kalo kemaren gue udah cerita masa2 gue di SMP, sekarang kita berlanjut ke masa2 gue di SMA. masa2 yang katanya sih, paling indah, paling berasa, dan juga paling diinget sepanjang masa. tapi, apa iya?

oke… SMA, ya? yang paling gue inget waktu gue SMA dulu, ga jauh dari beberapa kali gue gagal dalam hubungan, pertemanan dengan banyak cewek, ngeband, bikin kumpulan cerpen, sampe berkali2 gue harus berurusan dengan guru2 bahasa indonesia. yah, ga semuanya berurusan dalam artian negatif. tapi juga positif koq.

3. my first writing terjadi pas gue SMA dulu. tepatnya pas masih kelas 1. kurang lebih, setelah masuk kelas 1 dulu, ada yang namanya Bimbingan dan Konseling (BK). materi ini paling anyar banget dipelajarin sama gue, meski dulu juga udah ada di SMP, namanya Bimbingan dan Penyuluhan (BP). tapi, gue demen banget karena cara penyampaiannya beda daripada yang di SMP dulu!

kenapa? gini ceritanya… « Read the rest of this entry »

perjalanan hidup (2)

Januari 16, 2009 § 13 Komentar

postingan ini lanjutan dari postingan sebelumnya, dan kali ini gue mau sekedar cerita masa2 awal gue kenal politik.. caelah,, kesannya… 😛

2. jiwa pemberontak yang ga suka dengan kekangan dan juga politik balas budi atau politik asal kenal, ternyata udah ketanem jauhhh banget dalam jiwa gue sejak gue kecil. terbukti, dengan sebuah kudeta massal yang pernah gue coba lakukan pas SMP dulu!

jadi, ceritanya, dulu, di sekolaan SMP gue, pada saat pemilihan ketua OSIS, gue kepilih jadi salah satu kandidat. padahal, gue bukan dari anak masjid ataupun dari paskibra – 2 organisasi yang punya tradisi selalu gantian jadi ketua OSIS. dulu gue cuman seorang siswa biasa yang baru naek jabatan jadi ketua ekskul, dan di OSIS cuman seorang anggota biasa aja. bukan kasie, ataupun wakasie.

nah, di pemilihan ketua OSIS itu, usut punya usut, gue ga jadi ketua OSIS dan akhirnya cuman jadi waketu 1. padahal, dari pemungutan suara yang masuk, gue yang lebih banyak dipilih jadi ketua OSIS. tapi, entah karena KKN dan lain sebagainya, gue digagalkan jadi ketua OSIS -hanya- karena gue udah ngejabat ketua ekskul! dan, penggagalan itu berlangsung tanpa tanya2 dulu ke gue. alias, main hakim sendiri!

hufff. panas ya? udah kaya’ suhu politik tanah air aja jelang pemilu nih.. *lah? apa hubungannya? « Read the rest of this entry »

Where Am I?

You are currently browsing entries tagged with perjalanan hidup at i don't drink coffee but cappuccino.