Buka Puasa di mana?

Juni 25, 2015 § Tinggalkan komentar

Di mana aja yang nyediain santapan buka puasa.

Iya, simpel kok. Kalo mau buka puasa ya di mana aja bisa, asalkan ada santapan buat buka puasa. Mau itu minuman, makanan, manis atau tidak, banyak-sedikit, kenyang atau engga, yang penting bisa buat berbuka. Dan halal tentunya. Saya sih ga ribet ya mau buka puasa di mananya, karena yang penting puasanya selesai sehari dan kemudian ditutup dengan berbuka.

Dulu-dulu jaman masih jadi mahasiswa sekarang juga masih mahasiswa sih, saya cukup sering juga buka puasa ga tentu tempatnya. Hari ini bisa jadi di kampus, besok bisa jadi lagi di jalan pulang, hari berikutnya lagi bisa jadi lagi di tempat aktivitas kegiatan kemahasiswaan, berikutnya bisa di rumah, dan masih banyak lagi. Pernah juga malah berbuka puasa bersama teman-teman mahasiswa, Maghrib & Isya, kemudian dilanjut tarawih bareng, kemudian lanjut berkegiatan hingga sahur dan solat Subuh.

Walau begitu, saya membiasakan diri untuk sebisa mungkin berbuka puasa di rumah. Iya, di rumah. Dan, seingat saya, sejak saya lebih mengerti arti puasa Ramadan, maka hari pertama puasa Ramadan ditutup dengan buka puasa di rumah.

Kenapa hari pertama buka puasa Ramadan di rumah? Karena itu hari pertama. Lebih enak dong buka puasa di rumah bersama keluarga atau kerabat dekat. Dan juga, karena bisa jadi hari-hari puasa Ramadan berikutnya dipenuhi ajakan berbuka puasa di sana-sini. Tahu sendiri kalo Ramadan, selain sebagai bagian dari ibadah Ramadan, buka puasa juga jadi ajang untuk berkumpul dan bertemu karib-kerabat.

Kalo kamu, sering buka puasa di mana?

Puasa Kali ini…

Juli 16, 2014 § Tinggalkan komentar

Hari ini, puasa sudah masuk hari ke-18 di Ramadan kali ini, udah setengah bulan lebih, dan sekitar 2 minggu lagi pun lebaran – Idul Fitri 1 Syawal 1435 H. Alhamdulillah, ga gitu berasa jumlah harinya, walau puasanya sendiri tetap berasa. Bukan, bukan lagi soal rasa lapar dan haus, melainkan sulitnya menahan untuk melakukan yang biasa dilakukan saat tidak puasa.

Tenang, hal-hal yang biasa aja kok, bukan yang ngeres-ngeres *nyapu*. :mrgreen:

Personally, hal-hal yang sulit ditahan untuk dilakukan pada saat bulan puasa kali ini itu…

1. Minum kopi. Kalo lagi ga bulan puasa, kadang pagi hari setiba di kantor saya nyeduh segelas kopi, entah itu instan ataupun engga. Ga mutlak selalu ada setiap hari sih, tapi ya kadang enak aja gitu ngopi pagi hari.

2. Minum air putih segera setelah bangun tidur pagi. Iyes, saya termasuk orang yang rutin minum segelas air putih setelah bangun tidur di pagi hari. Di bulan puasa kali ini, ada kalanya saya udah keburu megang gelas dan ngisi air minum, baru tersadar sedang puasa. Iya, ga sempet sampe diminum. 😛

3. Tidur larut. Yep, sejak berlangganan TV kabel, saya terkadang tidur larut karena tertarik untuk menonton acara-acara atau bahkan film-film menarik. Tapi ya.. karena lagi puasa, mau gam au tidur harus lebih cepat karena jika tidak bisa-bisa terlambat untuk sahur – walau memang sih, konon lebih baik melambatkan sahur.

Well, yang paling berasa ya 3 hal itu. Sulit banget buat ditahan untuk dilakukan di puasa kali ini. *sambil mikir siapa tau ada lagi yang lainnya*

Kalo kamu ada ga hal yang sulit ditahan untuk dilakukan di puasa kali ini?

Menu Favorit Buka Puasa

Juli 26, 2013 § 6 Komentar

Es Buah

Es Buah

Banyak orang bilang, puasa Ramadan itu ajang yang paling pas buat mengurangi makanan dan juga mengurangi anggaran buat makanan. Ya itu buat banyak orang, tapi ga dikit juga lho yang ngerasain puasa Ramadan itu justru makanan dan anggaran buat makanan ga berkurang. Ada kalanya justru bertambah.

Iya, anggaran buat makanan jadi bertambah karena BIASANYA ingin menu spesial atau favorit buat buka puasa setiap harinya. Entah itu panas, dingin, asin, manis, hingga takjil berupa kolak, manisan, es buah, atau lain-lain yang lazimnya dibeli karena praktis. Coba hari biasa yang ga puasa Ramadan, pasti jarang-jarang deh makan makanan begitu.

Sepertinya, menu favorit itu sesuai dengan anjuran “berbukalah dengan yang manis” – yang saya masih belum tahu redaksinya dari mana (hadits atau ayat Al Quran mana). Dan, sepertinya semua orang punya menu favorit masing-masing yang harus-wajib-kudu ada saat buka puasa. Bahkan, ada yang sampe “rela” menunda buka puasa sebelum dapet menu favoritnya. Iya, ada orang-orang seperti itu.

Saya sendiri jelas punya menu favorit buat buka puasa. Dan, walaupun ga mutlak harus ada di setiap kali buka puasa, tapi sebisa mungkin saya berbuka puasa dengan menu favorit saya itu. Penasaran? Menu favorit saya sederhana aja, air putih.

Buat saya, minum air putih buat buka puasa itu jadi sebuah kebiasaan. Air putih itu benar-benar bisa melepaskan dahaga setelah puasa seharian. Dan buat saya pribadi, air putih itu terasa lebih segar dan juga menyegarkan.  Ga puasa Ramadan pun, saya terbiasa buat minum air putih. Tapi ga berarti saya kecanduan atau fanatik dengan air putih ya.. :mrgreen:

Eiya, itu air putih buat buka puasa doang ya. Setelah berbuka sih, bisa aja minum atau makan kolak, es buah, atau manisa yang lainnya.. 😆

Kalo kamu, apa menu favorit buat buka puasa?

NB: Gambar Es Buah di atas, dari sini.

silly question

Agustus 25, 2009 § 15 Komentar

pertanyaan2 konyol yang saya temui pada saat bulan Ramadhan. dan ini selalu berulang2 pada Ramadhan tiap  tahunnya. dan, di bawah pertanyaan2 konyol itu, ada jawaban saya.

“Billy, kamu puasa?”
– ya jelas lah!

“mau bolong berapa hari?”
– buset, pake planning segala buat bolong2 puasa

“nanti makan siang di mana?”
– dikira puasa itu cuman sampe jam 11 siang apa, ya?

“buka puasa bisa dirapel sama sahur ga, sih?”
– kalo penghematan sih bisa aja

“lebaran mau ke mana?”
– puasa aja belum kelar, udah mikirin lebaran

masih banyak sih silly question lainnya.. ntar bakal saya update berkala. 😉

pertanyaan konyol apa aja yang pernah kamu dapet?

garis batas

Agustus 21, 2009 § 12 Komentar

jelang Ramadhan ginih, emang banyak banget yang bisa dilakuin dan direncanain supaya Ramadhan kali ini lebih dan makin berkah dibanding bulan2 laennya, atau juga Ramadhan taun sebelumnya. kenapa? karena Ramadhan adalah momentum yang gemanya paling besar dan paling kenceng suaranya buat diliat secara nyata.

okeh, STOP! kalo pada heran dan bertanya2 kenapa saya tiba2 jadi lebih alim, jawabannya adalah SAYA JUGA GA TAU! –> bisa jadi karena bawaan deket bulan Ramadhan juga sih.. mudah2an emang bisa jadi lebih baik – meski mungkin alim ini cuman sementara 😛

« Read the rest of this entry »

munggahan

Agustus 18, 2009 § 31 Komentar

apa yang kalian perbuat sebelum Ramadhan tiba? bayar puasa? minta maaf sama orang2 yang kalian kenal ataupun ga? atau apa? ada yang ekstrim, ga?

kalo saya, sebelum Ramadhan  dan juga shaum selama sebulan penuh, sadar ataupun ga, saya sering banget ngejalanin kegiatan yang namanya munggahan. asal bahasa sunda – yang saya sendiri sampe sekarang pun ga begitu ngerti apa artinya kalo diterjemahin ke bahasa Indonesia. 😛 –> sori, bukannya ngaku2, tapi emang ga tau apa bahasa Indonesianya

anyway, dulu waktu saya masih tinggal di tasik – kota kelahiran sekaligus tempat saya sekolah sampe SMA dulu, munggahan banyak caranya. ada yang rekreasi ke tempat yang jarang didatengin buat wisata alam kaya’ pantai, curug – air terjun, atau justru ziarah ke makam. apa pun tujuannya, tapi yang pasti itu namanya munggahan. nah, satu kesamaan dari setiap tujuan adalah makan-makan!

« Read the rest of this entry »

Where Am I?

You are currently browsing entries tagged with puasa at i don't drink coffee but cappuccino.